468x60 Ads


BANDUNG, (PRLM).- Setelah diperkenalkan pertama kalinya di Asia Tenggara pada ajang Indonesia International Motor Show pada tanggal 18 September 2014 lalu, Honda HR-V tampil untuk pertama kalinya di kota Bandung. Pameran Honda HR-V ini digelar pada tanggal 1 Oktober – 5 Oktober 2014, di Trans Studio Mall Bandung.

Honda HR-V pertama kali melakukan World Premiere pada ajang Tokyo Motor Show 2013, 21 November 2013 dengan menggunakan nama Honda Vezel. Model ini mulai dipasarkan di Jepang pada tanggal 20 Desember 2013 dan menjadi CU-V (crossover utility-vehicle) dengan penjualan tertinggi di Jepang hingga bulan Agustus 2014 lalu.
Sejak awal, Honda HR-V dirancang sebagai sebuah model yang tidak hanya memenuhi semua yang dibutuhkan dari sebuah CUV, namun dapat membawa standar kualitas tinggi dan performa sporty yang menjadi ciri khas produk Honda. Untuk pasar Indonesia, Honda HR-V ditawarkan dalam 4 varian yang terdiri dari tipe 1.5 liter A M/T, 1.5 liter S M/T dan CVT, 1.5 liter E CVT, serta 1.8 liter CVT Prestige.

Direktur Honda Bandung Center (HBC), Iwan Tjandradinata mengatakan, Honda HR-V hadir dengan tampilan desain eksterior yang tangguh (tough) namun  menggoda (seductive) dengan menampilkan desain yang mengambil konsep “Dynamic Cross Solid.” Bagian depan mengadopsi karakter Solid Wing Face khas Honda yang tajam dan sporty.

"Dengan menggunakan konsep desain 'Expansible Cockpit', interior Honda HR-V dirancang untuk memberikan perpaduan antara kabin yang lapang, rasa personal, serta fungsionalitas dalam balutan material berkualitas tinggi. Dimensi mobil sepanjang 4.295 mm merupakan ukuran ideal untuk menciptakan kabin yang lapang dan luas melalui ruang kaki dan ruang kepala yang lega," ujar Iwan.

Sehingga memberikan kenyamanan saat duduk di bangku depan maupun bangku belakang. Honda HR-V memiliki ground clearance 185 mm untuk varian mesin 1.8 liter i-VTEC SOHC 139 PS dan akan lebih tinggi lagi untuk varian mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC 120 PS. Wheel-base sepanjang 2.610 mm serta tinggi yang optimum menghasilkan tingkat manuver sekaligus stabilitas yang baik.

Dimensi yang dirancang dengan sangat teliti tersebut, ditambah desain yang dinamis dan sporty, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi menghasilkan paket yang sangat kompetitif. Sementara itu, fungsionalitas kabin Honda HR-V juga didukung dengan fitur ULTRA Seat yang memungkinkan berbagai konfigurasi tempat duduk dan ruang kargo.

Menurut Iwan, model ini juga akan menghadirkan standar keselamatan tinggi yang menjadi ciri khas dari setiap produk Honda. Fitur keselamatan yang disematkan pada Honda HR-V di antaranya sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), dan Dual SRS Airbags.

Selain itu, terdapat dua fitur baru yang untuk pertama kalinya diaplikasikan pada mobil Honda di Indonesia seperti Electric Parking Brake dan Auto Break Hold. Electric Parking Brake berfungsi untuk mengoperasikan rem parkir secara elektris untuk mengaktifkan maupun melepaskan rem parkir dilakukan dengan tombol. Auto Brake Hold merupakan mode standby dari sistem pengereman sehingga pengemudi tidak perlu menginjak pedal rem secara terus menerus ketika kendaraan berhenti setelah mengaktifkan tombol Auto Brake Hold.

Selain Honda HR-V, pameran Honda di kota Bandung ini juga menampilkan model-model mobil terbaru seperti; New Honda Civic, New Honda Freed, dan peluncuran model All New Honda Jazz RS Blacktop Limited Edition. Selain itu, Honda juga menawarkan program penjualan “Saatnya Punya Honda” yang menarik selama pameran berlangsung.

Sementara itu, Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Dengan produk-produk baru yang berkualitas dan lebih terjangkau, kini Honda berkomitmen untuk membawa produk ke lebih banyak konsumen di lebih banyak daerah di seluruh Indonesia, termasuk kota Bandung yang merupakan pasar terbesar Honda di wilayah Jawa Barat.”

Pada tahun 2013 lalu, total penjualan Honda di Bandung mencapai 6524 unit, dengan pangsa pasar sebesar 12 % dari keseluruhan pasar di area ini. Sementara pada tahun 2014 ini, terhitung sejak bulan Januari hingga Juli, total penjualan Honda di kota Bandung telah berhasil mencapai 6395 unit dengan pangsa pasar sebesar 18 %, atau meningkat 6 % dibanding periode yang sama di tahun lalu.

sumber : pikiran rakyat